Biografi Singkat Habib Abdullah bin Alawi al Haddad: Terjemah Risalah Adab Sulukil Murid -Ngaji ke 00-

Ngaji Terjemah Risalah Adab Sulukil Murid:

Sambutan Biografi Singkat Habib Abdullah bin Alawi al Haddad


بسم الله الرحمن الرحيم

 

Sambutan Mujiz mengenai (Biografi) al Imam as-Syahir Abdullah bin Alawi bin Muhammad al Hadad

تعريف موجز عن الامام الشهير عبد الله بن علوي بن محمد الحداد

 

Beliau adalah Tuan kita al Imam al Alamah yang berdakwah (mengajak) menuju Allah dengan perkataan dan perbuatannya yang mempunyai julukan Qutb al Irsyad al Habib Abdullah bin Alawi bin Muhammad al Hadad. Beliau -radhiya Allahu ‘anhu- dilahirkan di Subair yakni termasuk pinggir kota Tarim, Hadramaut pada Kamsi malam tanggal 5 Safar 1044 H. Beliau mendapatkan pendidikan di Tarim dan beliau diambil penglihatannya (buta) saat masih kecil. Kemudian Allah menggantinya dengan cahaya mata hari, keseriusan dan ketekunan dalam mencari ilmu-ilmu yang bermanfaat. Beliau mendedikasikan diri (belajar) pada ulama di zamannya. Guru-guru pertama mereka adalah Sayyid al Habib Umar bin Abdurrahman al Athas, al Habib al Alamah ‘Aqil bin Abdurrahman as-Saqaf, al Habib al Alamah Abdurrahman bin Syaikh Aidid, al Habib al Alamah Sahl bin Ahmad Bahasin al Hudaili Ba’alawi. Dan juga termasuk dari guru-guru beliau lagi adalah al Alamah yang Alim di Tanah Makkah Mukarramah Sayyid bin Alawi as-Saqaf.

هو سيدنا الامام العلامة الداعي الى الله بقوله وفعله قطب الارشاد الحبيب عبد الله بن علوي بن محمد الحداد. ولد رضي الله عنه بالسبير من ضواحي مدينة تريم بحضرموت ليلة الخميس 5 صفر 1044 ه. وتربي في تريم وقد كف بصره وهو صغير فعوضه الله عنه بنور البصيرة وجد واجتهد في طلب العلوم النافعة وعكف على علماء عصره في مقدمة مشايخه سيدنا الحبيب عمر بن عبد الرحمن العطاس، والحبيب العلامة عقيل بن عبد الرحمن السقاف، والحبيب العلامة عبد الرحمن بن شيخ عيديد، والحبيب العلامة سهل بن أحمد باحسن الحديلي باعلوي. ومن مشايخه ايضا العلامة عالم مكة المكرمة السيد بن علوي السقاف.

 

Kemudian Allah menetapkan beliau untuk berdakwah dan memberi petunjuk seraya mengajak menuju Allah ta’ala dengan hikmad dan nasehat yang bail. Oleh karena itu, orang-orang menerimanya dan nama baik beliau pun tersebar di beberapa negara. Orang-orang yang jauh dan dekat pun mengambil manfaat dari ilmu beliau. Dengan perantara beliau, Allah telah memberikan kemanfaatan dan menunjukkan kepada perkumpulan masyarakat luas. Dan dakwah beliau menjadi tersebar luas di berbagai tempat. Masyarakat pun memperoleh manfaat dari nasehat dan buku-bukunya, serta banyak sekali perkumpulan menimba ilmu dari beliau.

ثم نصب الله تعالى للدعوة والارشاد داعيا الى الله تعالى بالحكمة والموعظة الحسنة فأقبل عليه الناس وانتشر صيته في البلدان وانتفع به القاصي والداني فنفع الله به الكثير وأرشد الجم الغفير وانتشرت دعوته في كل مكان وانتفع الناس بوعظه وكتبه وأخذ عنه الجم الغفير.

 

 

Termasuk dari tokoh-tokoh besar murid-muridnya dalah putera beliau yakni al Habib Hasan bin Abdullah al Hadad, al Habib Ahmad bin Zain al Habsyi, al Habib Abdurrahman bin Abdullah Bilfaqih, dua Habib yakni Muhammad dan Umad putera dari Zain bin Smith, al Habib Umar bin Abdurrahman al Bari, al Habib Ali bin Abdullah bin Abdurrahman as-Saqaf dan al Habib Muhammad bin Umar bin Thaha as-Shafi as-Saqaf dan masih banyak lagi.

فمن كبار تلامذته ابنه سيدنا الحبيب حسن بن عبد الله الحداد، والحبيب احمد بن زين الحبشي، والحبيب عبد الرحمن بن عبد الله بلفقيه، والحبيبين محمد وعمر ابناء زين بن سميط، والحبيب عمر بن عبد الرحمن البار، والحبيب علي بن عبد الله بن عبد الرحمن السقاف، والحبيب محمد بن عمر بن طه الصافي السقاف وغيرهم العدد الكثير.

 

Beliau memiliki banyak karya yang memuat nasehat-nasehat, anjuran dan hikmah. Karangan beliau tersebar sangat luas dan kitab-kitabnya diterima dan disukai. Semoga Allah memberi kemanfaatan dengan perantara karya-karya tersebut kepada masyarakat luas. Sebagian karyanya telah diterjemahkan ke bahasa-bahasa lain di tahun-tahun berikutnya seperti ke bahasa Inggris dan Perancis. Karangan-karangan beliau tidak memerlukan promosi dan ketenaran di kalangan orang dewasa ataupun remaja. Sebagian karya beliau adalah an-Nashaih ad-Diniyyah (sering pelafalannya kitab nashoihuddiniyyah), ad-Da’wah at-Tammah, Risalah al Mu’awanah dan lain sebagainya yakni nasehat dan catatan-catatannya serta kumpulan perkataan beliau yaitu Tasbiit al Fuad, kumpulan syair-syair beliau yakni ad-Durr al Mandzum yang memuat banyak hikmah dan ilmu. Nasehat, tulisan dan karya-karya beliau banyak yang sudah dicetak yang diterima oleh masyarakat luas dengan antusias. Banyak ulama dan orang-orang arif takjub dengan karyanya, mereka menjadikan karya beliau seperti asupan makanan yang banyak dibaca di sebagian besar waktu mereka. Dan mereka memberi penilaian dari karya-karya tersebut: “Kitab-kitab beliau merupakan muatan intisari dan pokok dari uraian al Imam Hujjatul Islam al Ghazali dan dibutuhkan oleh mayoritas muslim. Kitab-kitab tersebut ringkas dan komprehensif (menyeluruh). Semoga Allah memberi kemanfaatan karya-karya tersebut dengan lantaran keberkahan pengarangnya yakni al Imam al Hadad radhiya Allahu ‘anhu.

و له مؤلفات كثيرة جمعت النصائح والمواعظ والحكم وانتشرت انتشارا كبيرا وكتب لها القبول والمحبة ونفع الله بها الناس. وقد ترجمت بعض مؤلفاته الى لغات اجنبية في العصر الحاضر مثل الانجلزية والفرنسية. ومؤلفاته غنية عن التعريف ومشهورة لدى الكبير والصغير. ومنها: النصائح الدينية، والدعوة التامة، ورسالة المعاونة وغيرها من الوصايا والرسائل. ومجموع كلامه تثبيت الفؤاد وديوانه العظيم الدر المنظوم الجامع للحكم والعلوم. ووصاياه ومكاتباته وأكثر مؤلفاته مطبوعة وأقبل عليها الناس اقبالا شديدا وأعجب بها العلماء والعارفون وجعلواها بمنزلة الغذاء يقرئون فيها في كثير من الاوقات وقالوا عنها: انها جمعت الخلاصة والزبدة من كلام الامام حجة الاسلام الغزالي، ولا يستغني عنها كل مسلم، وهي وجيزة وجامعة ونفع الله يها ببركته مؤلفها الامام الحداد رضي الله عنه.

 

Beliau melakukan perjalanan ke Haramain Assyarifain (Makkah-Madinah) menjalankan ibadah Haji dan Umrah serta mengunjungi kakeknya yaitu pemimpin dua eksistensi (dunia manusia dan jin) sayyidina Muhammad –alaihi afdhalu assholatu wassalaam-. Hal tersebut dilaksanakan pada tahun 1079 H. Beliau berkumpul dengan ulama Haramain Assyarifain (Makkah-Madinah) yang bergembira (dengan kedatangannya) dan yang mengetahui derajat kedudukannya serta para yang mengidolakannya.

وكان رضي الله عنه قد سافر الى الحرمين الشرفين وأدى النسكين وزار جده سيد الكونين سيدنا محمد عليه أفضل الصلاة والسلام وذلك في عام 1079 ه، واجتمع بعلماء الحرمين الشريفين الذين اغتبطوا به وعرفوا قدره وأثنوا عليه.

 

Beliau terus-menerus mengajak masyarakat luas menuju Allah ta’ala dengan hikmah dan nasehat yang baik hingga beliau mangkat menuju rahmatullah ta’ala. Beliau wafat di malam Selasa 7 Dzulqo’dah 1132 H dan dimakamkan di pemakaman Zanbal, Tarim. Semoga Allah memberi kasih sayang yang luas dan ridha kepada beliau. Dan semoga Allah memberi kemanfaatan sebab beliau dengan lantaran ilmu-ilmunya di dunia dan akhirat. Amiin.

ولم يزل يدع الناس الى الله تعالى بالحكمة والموعظة الحسنة حتى وفاته الى رحمة الله تعالى فتوفي في ليلة الثلاثة 7 ذو القعدة 1132 هجرية ودفن بمقبرة زنبل بتريم رحمه الله رحمة واسعة ورضي الله عنه ونفعنا به وبعلومه في الدارين آمين.

 

Toha bin Hasan bin Abdurrahman as-Saqaf

Disusun pada Jum’at 22 Syawal 1412 H.

طه بن حسن بن عبد الرحمن السقاف

حرر الجمعة 22 شوال 1412 ه.

 

Wallahu a’lam bishhawaab.... Bersambung.

Oleh: Santrisopus

 

Ngaji Berikutnya…>>

2 comments for "Biografi Singkat Habib Abdullah bin Alawi al Haddad: Terjemah Risalah Adab Sulukil Murid -Ngaji ke 00-"

  1. Mantap... Nek antara tulisan arab dan latin disesuaikan maer kayane jah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. disesuaikan pige mang? nyong rung paham jah.. :)

      Delete